Download Stock Photos & Illustrations. As low as $1 at 123RF

GoAds

View My Portfolio

Monday 6 August 2007

Tan Hok Liang Mosque



Ini bukan foto kelenteng, dan potretnya juga bukan diambil dari negeri panda itu. Bangunan ini adalah sebuah mesjid. Ya, Mesjid Jami Tan Hok Liang.

Tan Hok Liang adalah nama asli Anton Medan, mantan bandit terkenal yang bolak-balik masuk penjara sejak berusia 14 tahun karena menggergaji leher preman terminal Tebing Tinggi yang berusaha memerasnya. Delapan belas tahun sudah ia habiskan "bertamasya di hotel prodeo" itu, sampai kemudian titik balik mengantarkannya pada pertobatan.

Setelah masuk Islam, ia pun berganti nama menjadi H. Ramdhan Effendi, dan menjadi pendakwah yang cukup populer. Meski sudah berkali berganti nama ia tetap ingat akarnya. Namanya ia abadikan sebagai nama mesjid yang berada di lingkngan Pondok Pesantren yang ia asuh. Pondok Pesantren At-Taibin (Orang yang kembali/bertobat).

Karena akarnya pula, ia sengaja merancang mesjid ini dengan arsitektur Cina. Terinspirasi dari istana kerajaan Cina, Dinasti Ching, maka berdirilah mesjid yang berlokasi di Kelurahan Pondok Rajeg, Cibinong, Jawa Barat ini.

0 comments: